Senin, 02 Desember 2019

PENGENALAN ANDROID

ANDROID

Android merupakan Operating System (OS) berbasis Linux yang sifatnya open source.
Andy Rubin adalah orang dibalik OS ini. Tahun 2003 Ia bersama dengan kawannya mengumumkan perusahaan Android inc yang bertempat di California.
Google secara penuh membelinya Pada tahun 2005.

Android digunakan sebagai sistem operasi untuk perangkat mobile (bergerak) seperti : smartphone dan smartwatch.

Versi-Versi Android:
























JAVA


Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling popular dikarenakan bisa dijalankan disemua platform dan OS yang berbeda-beda.
Walaupun google telah resmi mendukung c++ dan barubaru ini kotlin, tetap saja java jadi primadona untuk para developer android dikarenakan library java cukup lengkap sehingga memudahkan programmer.
Ada baiknya pelajari dasar dan oop bahasa pemrograman java agar pada saat membuat aplikasi android studio tidak kesulitan dalam pengkodingan javanya.

INSTALL TOOLS

JDK
Untuk menulis bahasa pemrograman Java kita harus menginstall JDK.  JDK merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). 

Itu artinya sebelum menginstall android studio dan melakukan proses ngoding menggunakan bahasa pemrograman java kita harus menginstall juga menyetting jdk pada komputer yang kita gunakan.

ANDROID STUDIO
Dikutip dari developer.android.com Android Studio adalah Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android. Pada tahun 2013 Google mengumumkan bahwa Android Studio menjadi IDE resmi untuk mengembangkan aplikasi android.

Android Studio menawarkan fitur lebih banyak untuk meningkatkan produktivitas Anda saat membuat aplikasi Android, di antaranya :

  • Sistem versi berbasis Gradle yang fleksibel
  • Emulator yang cepat dan kaya fitur
  • Lingkungan yang menyatu untuk pengembangan bagi semua perangkat Android 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar