Minggu, 01 Desember 2019

DOMAIN&HOSTING

DOMAIN
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. Agar website / aplikasi onlinenya dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain.

Ekstensi domain TLD satu ini merupakan ekstensi domain yang dibuat khusus untuk masing – masing negara di seluruh dunia. Misal, ekstensi domain .uk untuk negara kawasan Britania Raya (United Kingdom), .sg untuk negara Singapura, .my untuk negara Malaysia dan .id untuk negara Republik Indonesia.

Untuk ekstensi domain .id sendiri ada banyak macam sesuai kegunaannya, antara lain:

  •  .id, .my.id, .web.id untuk website personal
  • .co.id untuk website perusahaan 
  • .sch.id untuk website sekolah 
  • .ac.id untuk website universitas 
  • .or.id untuk website organisasi 
  • .go.id untuk website pemerintahan

HOSTING
Merupakan media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website.

ISTILAH-ISTILAH DALAM HOSTING

cPanel Hosting
Panel pengaturan utama pada hosting yang mempermudah pengaturan segala hal yang berkaitan dengan domain atau hosting

UPGRADE/DOWNGRADE Upgrade merupakan upaya untuk meningkatkan layanan Hosting dari mulai kapasitas, service, ukuran RAM, hingga CPU. Sedangkan upaya untuk menurunkan layanan hosting

Bandwidth dalam hal hosting, adalah jumlah informasi yang dapat ditransfer dari server ke Browser. Host biasanya membatasi jumlah bandwidth pengguna telah tersedia per bulan. Sebagai contoh, jika anda memiliki sebuah file di situs anda dengan ukuran 1Mb dan Anda mempunyai 1Gb bandwidth, maka pengguna bisa men-download file 1000 kali.

Uniform Resource Locator(URL) – alamat global dokumen dan sumber daya lainnya di World Wide Web. Bagian pertama dari alamat menunjukkan protokol yang digunakan, dan bagian kedua menunjukkan alamat IP atau nama domain tempat sumber daya tersebut berada. https://www.centerklik.com/ adalah URL untuk website centerklik.


HTTP HyperText Transfer Protocol – protokol yg mendasari yg difungsikan oleh World Wide Website. HTTP mendefinisikan dengan cara apa pesan diformat & ditransmisikan, & Situs server & browser bertindak membawa dalam menyikapi beraneka perintah. Sbg sample, diwaktu kamu memasukkan URL di browser kamu, ini bakal mengirimkan perintah HTTP & mengarahkanya ke server Situs utk membawa & mengirimkan halaman Website yg diminta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar